Standar Operation Prosedur
|
Nama SOP |
: |
SOP pembuatan akun email |
|
Nomor SOP |
: |
SOP/UNIDA/D6(T)-0003-XX |
||
Tgl Penetapan |
: |
28 Juni 2017 |
||
Tgl Revisi |
: |
|
||
Nomor Revisi |
: |
|
||
Diperiksa oleh |
: |
Dr. Miftahul Ulum, |
|
|
Disahkan oleh |
: |
Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi |
|
|
DASAR |
KUALIFIKASI PELAKSANAAN |
|||
1. Anggaran Dasar Yayasan Undang- undang no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2. UU no 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi 3. Peraturan Pemerintah no. 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi 4. Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 5. Anggaran Dasar Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 6. Anggaran Rumah Tangga Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 7. Statuta Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO 8. Blueprint Pengembangan Teknologi dan Komunikasi Universitas DARUSSALAM GONTOR PO |
Akun email merupakan bagian dari email unida yang dapat digunakan oleh Fakultas/Prodi, Karyawan, Dosen serta UKM mahasiswa. |
|||
KETERKAITAN |
PERALATAN/PERLENGKAPAN |
|||
Kebijakan Mutu Universitas Manual Mutu Universitas |
|
Sop pembuatan akun email
Kegiatan |
PPTIK |
Client |
Kelengkapan |
Waktu |
Ket |
Calon Pengguna dapat mendaftarkan |
|
|
Form Pendaftaran |
|
|
Formulir yang telah diisi akan diperiksa |
|
|
|
|
|
Staf divisi verifikasi data yang |
|
|
|
|
|
Staf divisi memproses pembuatan dan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nama SOP |
: |
pembuatan domain dan hosting |
|
Nomor SOP |
: |
SOP/UNIDA/D6(T)-0004-XX |
||
Tgl Penetapan |
: |
28 Juni 2017 |
||
Tgl Revisi |
: |
|
||
Nomor Revisi |
: |
|
||
Diperiksa oleh |
: |
Dr. Miftahul Ulum, M.Ag. |
||
Disahkan oleh |
: |
Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi |
|
|
DASAR HUKUM |
KUALIFIKASI PELAKSANAAN |
|||
1. Anggaran Dasar Yayasan Undang- undang no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2. UU no 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi 3. Peraturan Pemerintah no. 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi 4. Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 5. Anggaran Dasar Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 6. Anggaran Rumah Tangga Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 7. Statuta Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO 8. Blueprint Pengembangan Teknologi dan Komunikasi Universitas DARUSSALAM GONTOR PO. |
Subdomain web Fakultas/Prodi merupakan bagian dari domain unida.gontor.ac.id yang dapat digunakan oleh Fakultas/Prodi untuk menempatkan website unit kerjanya. Website tersebut dapat digunakan oleh unit kerja untuk menyebarkan informasi tentang profil, dosen dan staf, kegiatan, dokumen dan lain sebagainya. |
|||
KETERKAITAN |
PERALATAN/PERLENGKAPAN |
|||
Kebijakan Mutu Universitas Manual Mutu Universitas. |
1. Surat Permohonan dari Unit Kerja 2. Surat jawaban akan menyertakan akun dari 3. subdomain yang dibuat |
pembuatan domain dan hosting
Kegiatan |
PPTIK |
Client |
Kelengkapan |
Waktu |
Ket |
Pimpinan Fakultas/Prodi mengajukan surat permohonan permintaan subdomain |
1 |
Surat Permohonan dari Unit Kerja | |||
Pengelola website unida.gontor.ac.id membuat subdomain sesuai permintaan fakultas/prodi. |
2 |
||||
Proses aktifasi subdomain |
3 | ||||
PPTIK mengirimkan surat jawaban ke fakultas/prodi terkait |
4 |
Surat jawaban akan menyertakan akun dari subdomain yang dibuat |
|
Nama SOP |
: |
SOP pendaftaran fasilitas e-learning |
|
Nomor SOP |
: |
SOP/UNIDA/D6(T) )-0005-XX |
||
Tgl Penetapan |
: |
28 Juni 2017 |
||
Tgl Revisi |
: |
|
||
Nomor Revisi |
: |
|||
Diperiksa oleh |
: |
Dr. Miftahul Ulum, M.Ag. |
||
Disahkan oleh |
: |
Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi |
|
|
DASAR HUKUM |
KUALIFIKASI PELAKSANAAN |
|||
1. Anggaran Dasar Yayasan Undang- undang no.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2. UU no 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi 3. Peraturan Pemerintah no. 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi 4. Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 5. Anggaran Dasar Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 6. Anggaran Rumah Tangga Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 7. Statuta Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO 8. Blueprint Pengembangan Teknologi dan Komunikasi Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO |
Modul e-Ieaming disusun dengan mengikuti format sesuai dengan yang tercantum dalam pedoman BUKU KBK DITJEN DIKTI 2009 dan SNPT (2014). Format selengkapnya dapat dilihat pada bagian Format Modul Pembelajaran. |
|||
KETERKAITAN |
PERALATAN/PERLENGKAPAN |
|||
Kebijakan Mutu Universitas Manual Mutu Universitas |
buku panduan |
SOP pendaftaranfasilitas e-learning.
Kegiatan |
PPTIK |
Client |
Kelengkapan |
Waktu |
Ket |
|
Pemberitahuan/pengumuman disampaikan kepada para dosen di lingkungan kerja dimana modul e-Ieamlng tersebut diperuntukkan. Jumlah penulis setiap judul modul paling sedikit 2 orang sesuai dengan mata kuliah yang diampu. Setiap dosen boleh mengusulkan maksimal 21udul pada skim yang berbeda (bahan ajar. Modul e-Ieamlng, atau kegiatan sejenisnya). |
|
1 |
||||
Seleksi berkas dilakukan oleh tim penilai yang dibentuk oleh LP3 untuk memeriksa dan menilai berkas dari dosen calon penulis yang masuk Persyaratan administrasi calon penulis ialah dosen yang telah mengikuti Pelatihan layout dan sertifikat kegiatan pelatihan penyusunan modul e-learning (kegiatan sejenis). 4 Sebagai penilaian inti (seperti proposal dalam penelitian) ialah rancangan pembelajaran, sehingga setiap calon penulis diharuskan memasukkan rancangan pem belajaran yang sesuai dengan format yang ditentukan. Format penilaian tahap seleksi berkas disajikan pada lampiran ]. |
|
|||||
Seleksi pemaparan rencana penyusunan Dosen yang lolos seleksi berkas akan diundang untuk seleksi pemaparan perencanaan modul e-Iearning yang akan ditulis. Presentasi meliputi Rancangan Pembelajaran, Rancangan Tugas, dan Lampiran yang akan dibuat…(lihat pada format penyusunan modul yang dikeluarkan LP3) Format penilaian seleksi pemaparan disajikan pada Lampiran 2. |
|
|||||
Pengumuman dosen penulis modul e-Iearning. Dosen penulis ialah dosen yang lolos seleksi untuk mendapatkan Insentif penyusunan modul e-leamlng dan ditetapkan melalui Surat Keputusan Rektor. Jumlah dosen penulis didasarkan pada urutan skoring |
|
|||||
Workshop Penyusunan Modul e-Iearning Dosen yang dinyatakan mendapatkan Insentif penyusunan modul e-Ieaming wajib mengikuti workshop penyusunan modul e-learning. |
|
|||||
Penyusunan modul e-Iearning Dosen penulis akan melaksanakan penyelesaian penyusunan modul e-Iearning paling lama lima (5) bulan semenjak pengumuman hasil seleksi. Jadwal kegiatan penyusunan modul e-Iearning tahun 2015 disajikan pada Lampiran 3. |
|
|||||
Pemaparan hasil penyusunan modul e-Iearning. Hasil penyusunan modul dipaparkan di LP3 untuk mendapatkan saran dan masukkan dari tim evaluasi. |
7 |
|||||
Pelatihan instalasi modul Wajib diikuti oleh seluruh penulis modul e-Iearning |
8 |
|||||
Pengunggahan modul e-learning. Hasil penyusunan modul e-learning yang sudah dievaluasi harus diunggah pada portal e-learning UNIDA. Selain diunggah pada website. Softcopy juga dikirim ke LPM melalui email LPm . |
9 |
|||||
Pelaporan dan pemasukan buku/naskah modul elearning dalam bentuk hardcopy. |
10 |
|
Nama SOP |
: |
sop pemakaian fasilitas e-learning |
|
Nomor SOP |
: |
SOP/UNIDA/D6(T) )-0006-XX |
||
Tgl Penetapan |
: |
28 Juni 2017 |
||
Tgl Revisi |
: |
|
||
Nomor Revisi |
: |
|
||
Diperiksa oleh |
: |
Dr. Miftahul Ulum, M.Ag. |
||
Disahkan oleh |
: |
Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi |
|
|
DASAR HUKUM |
KUALIFIKASI PELAKSANAAN |
|||
1. Anggaran Dasar Yayasan Undang- undang no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2. UU no 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi 3. Peraturan Pemerintah no. 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi 4. Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 5. Anggaran Dasar Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 6. Anggaran Rumah Tangga Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 7. Statuta Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO 8. Blueprint Pengembangan Teknologi dan Komunikasi Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO |
Modul e-Ieaming disusun dengan mengikuti format sesuai dengan yang tercantum dalam pedoman BUKU KBK DITJEN DIKTI 2009 dan SNPT (2014). |
|||
KETERKAITAN |
PERALATAN/PERLENGKAPAN |
|||
Kebijakan Mutu Universitas Manual Mutu Universitas |
buku panduan |
Kegiatan |
PPTIK |
Client |
Kelengkapan |
Waktu |
Ket |
|
Pemberitahuan/pengumuman disampaikan kepada para dosen di lingkungan kerja dimana modul e-Ieamlng tersebut diperuntukkan. Jumlah penulis setiap judul modul paling sedikit 2 orang sesuai dengan mata kuliah yang diampu. Setiap dosen boleh mengusulkan maksimal 21udul pada skim yang berbeda (bahan ajar. Modul e-Ieamlng, atau kegiatan sejenisnya). |
|
|
||||
Seleksi berkas dilakukan oleh tim penilai yang dibentuk oleh LP3 untuk memeriksa dan menilai berkas dari dosen calon penulis yang masuk Persyaratan administrasi calon penulis ialah dosen yang telah mengikuti PEKERTl-AA dan sertifikat kegiatan pelatihan penyusunan modul e-learning (kegiatan sejenis). 4 Sebagai penilaian inti (seperti proposal dalam penelitian) ialah rancangan pembelajaran, sehingga setiap calon penulis diharuskan memasukkan rancangan pem belajaran yang sesuai dengan format yang ditentukan. Format penilaian tahap seleksi berkas disajikan pada lampiran ]. |
|
|||||
Seleksi pemaparan rencana penyusunan Dosen yang lolos seleksi berkas akan diundang untuk seleksi pemaparan perencanaan modul e-Iearning yang akan ditulis. Presentasi meliputi Rancangan Pembelajaran, Rancangan Tugas, dan Lampiran yang akan dibuat…(lihat pada format penyusunan modul yang dikeluarkan LP3) Format penilaian seleksi pemaparan disajikan pada Lampiran 2. |
|
|||||
Pengumuman dosen penulis modul e-Iearning. Dosen penulis ialah dosen yang lolos seleksi untuk mendapatkan Insentif penyusunan modul e-leamlng dan ditetapkan melalui Surat Keputusan Rektor. Jumlah dosen penulis didasarkan pada urutan skoring |
4 |
|||||
Workshop Penyusunan Modul e-Iearning Dosen yang dinyatakan mendapatkan Insentif penyusunan modul e-Ieaming wajib mengikuti workshop penyusunan modul e-learning. |
|
|||||
Penyusunan modul e-Iearning Dosen penulis akan melaksanakan penyelesaian penyusunan modul e-Iearning paling lama lima (5) bulan semenjak pengumuman hasil seleksi. Jadwal kegiatan penyusunan modul e-Iearning tahun 2015 disajikan pada Lampiran 3. |
6
|
|||||
Pemaparan hasil penyusunan modul e-Iearning. Hasil penyusunan modul dipaparkan di LP3 untuk mendapatkan saran dan masukkan dari tim evaluasi. |
|
|||||
Pelatihan instalasi modul Wajib diikuti oleh seluruh penulis modul e-Iearning |
|
|||||
Pengunggahan modul e-learning. Hasil penyusunan modul e-learning yang sudah dievaluasi harus diunggah pada portal e-learning UNIDA. Selain diunggah pada website shcology. Softcopy juga dikirim ke LPm melalui email LPm . |
9 |
|||||
Pelaporan dan pemasukan buku/naskah modul elearning dalam bentuk hardcopy. |
|
|
Nama SOP |
: |
penyelesaian gangguan jaringan internet |
|
Nomor SOP |
: |
SOP/UNIDA/D6(T) )-0007-XX |
||
Tgl Penetapan |
: |
28 Juni 2017 |
||
Tgl Revisi |
: |
|
||
Nomor Revisi |
: |
|
||
Diperiksa oleh |
: |
Dr. Miftahul Ulum, M.Ag. |
||
Disahkan oleh |
: |
Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi |
|
|
DASAR HUKUM |
KUALIFIKASI PELAKSANAAN |
|||
1. Anggaran Dasar Yayasan Undang- undang no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2. UU no 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi 3. Peraturan Pemerintah no. 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi 4. Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 5. Anggaran Dasar Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 6. Anggaran Rumah Tangga Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 7. Statuta Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO 8. Blueprint Pengembangan Teknologi dan Komunikasi Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO |
Jaringan lokal merupakan bagian koneksi layanan internet. Jaringan utama merupakan bagian koneksi layanan internet yang terdapat di Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO. |
|||
KETERKAITAN |
PERALATAN/PERLENGKAPAN |
|||
Kebijakan Mutu Universitas Manual Mutu Universitas |
|
penyelesaian gangguan jaringan internet
Kegiatan |
PPTIK |
Client |
Kelengkapan |
Waktu |
Ket |
|
Staf divisi infrastruktur yang bertugas untuk melakukan monitoring jaringan menemukan adanya gangguan pada node di jaringan lokal Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO atau menerima laporan dari pengguna jasa dilingkungan |
2 |
1 |
||||
Staf divisi infrastruktur segera melakukan pengecekan perangkat dengan menggunakan perintah ping. |
3 | 30 Menit | Pengecekan Jaringan Ke Server dan komputer ke unit lain | |||
Staf divisi infrastruktur segera menindak lanjuti laporan dengan mengirimkan staf divisi infrastruktur ke lokasi tempat gangguan |
|
|||||
Staf divisi infrastruktur segera melakukan inventarisasi permasalahan dan berdasarkan hal tersebut ditentukan estimasi waktu pemulihan. |
||||||
Staf divisi infrastruktur segera melakukan perbaikan sesuai dengan permasalahan dan estimasi waktu pemulihan yang telah ditentukan |
|
30-60Menit | Pengecekan Kabel Jaringan | |||
Staf divisi infrastruktur melakukan pengecekan secara fisik terhadap perangkat aktif jaringan utama (backbone) minimal sebulan sekali. |
|
|||||
Staf divisi infrastruktur memonitor jaringan untuk melihat pesan koneksi gangguan pada sistem monitoring. |
|
|||||
Staf divisi infrastruktur melakukan pengecekan server DNS yang digunakan dengan menggunakan perintah nslookup. |
|
|||||
Apabila hasil pengecekan konektivitas kurang baik, maka staf divisi infrastruktur yang bertugas segera menghubungi pihak ISP (Internet Service Provider) untuk berkoordinasi mengenai masalah tersebut dan juga menanyakan estimasi pemulihan gangguan. |
|
|||||
Staf divisi infrastruktur membuat pengumuman ke pengguna Internet di lingkungan Universitas unida Ponorogo melalui website http://pptik.gontor.ac.id tentang gangguan jaringan yang terjadi |
|
|
Nama SOP |
: |
gangguan server |
|
Nomor SOP |
: |
SOP/UNIDA/D6(T) )-0008-XX |
||
Tgl Penetapan |
: |
28 Juni 2017 |
||
Tgl Revisi |
: |
|
||
Nomor Revisi |
: |
|
||
Diperiksa oleh |
: |
Dr. Miftahul Ulum, |
|
|
Disahkan oleh |
: |
Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi |
|
|
DASAR |
KUALIFIKASI PELAKSANAAN |
|||
1. Anggaran Dasar Yayasan Undang- undang no.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2. UU no 12 tahun 2012 tentang PendidikanTinggi 3. Peraturan Pemerintah no. 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi 4. Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 5. Anggaran Dasar Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 6. Anggaran Rumah Tangga Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 7. Statuta Universitas DARUSSALAM GONTOR 8. Blueprint Pengembangan Teknologi dan |
Server merupakan bagian dari sarana media penyimpanan data yang dapat digunakan oleh Fakultas/Prodi untuk menempatkan data seperti dokumen, sistem informasi ataupun portal website unit kerja. |
|||
KETERKAITAN |
PERALATAN/PERLENGKAPAN |
|||
Kebijakan Mutu Universitas Manual Mutu Universitas |
Form Gangguan Server |
Gangguan server
Kegiatan |
PPTIK |
Client |
Kelengkapan |
Waktu |
Ket |
||
Pemohon melakukan pengisian gangguan pada server melalui formulir yang tersedia di PPTIK Unida Gontor. |
2 |
|
|
|
|
||
Staf divisi infrastruktur mengakses layanan server tersebut untuk memastikan bahwa pesan gangguan memang benar. |
|
|
|
|
|
||
Apabila server yang mengalami gangguan tersebut pengelolaannya merupakan tanggung jawab PPTIK, maka Staf Divisi Infrastruktur akan melakukan pengecekan pada server web untuk mencari sumber permasalahan pada server. |
|
|
|
|
|
||
Apabila server yang mengalami gangguan, pengelolaan servernya bukan tanggung jawab PPTIK, maka staf divisi Infrastruktur akan menghubungi pengelola server tersebut agar menyelesaikan permasalahan yang terjadi. |
|
|
|
|
|
||
Staf yang ditugaskan akan melaporkan penyebab dan solusi penyelesaian ke staf divisi Infrastruktur dan segera menyelesaikan permasalahan tersebut. |
|
|
|
|
|
|
Nama SOP |
: |
sop keamanan data dan sistem informasi |
|
Nomor SOP |
: |
SOP/UNIDA/D6(T) )-0009-XX |
||
Tgl Penetapan |
: |
28 Juni 2017 |
||
Tgl Revisi |
: |
|
||
Nomor Revisi |
: |
|
||
Diperiksa oleh |
: |
Dr. Miftahul Ulum, |
|
|
Disahkan oleh |
: |
Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi |
|
|
DASAR |
KUALIFIKASI PELAKSANAAN |
|||
1. Anggaran Dasar Yayasan Undang- undang no.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2. UU no 12 tahun 2012 tentang Pendidikan 3. Peraturan Pemerintah no. 4 tahun 2014 4. Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005 5. Anggaran Dasar Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 6. Anggaran Rumah Tangga Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 7. Statuta Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO 8. Blueprint Pengembangan Teknologi dan |
Securty merupakan software yang berguna untuk menjaga keamanan suatu sistem dalam jaringan dari gangguan yang berasal dari luar atau orang yang tidak mempunyai hak akses seperti hacker dan cracker. Standardisasi software security yang digunakan untuk komputer pribadi (personal computer – PC) dan server adalah zone alarm security. |
|||
KETERKAITAN |
PERALATAN/PERLENGKAPAN |
|||
Kebijakan Mutu Universitas Manual Mutu Universitas |
SOP keamanan data dan sistem informasi.
Kegiatan |
PPTIK |
Client |
Kelengkapan |
Waktu |
Ket |
|
Menggunakan Antivirus merupakan program yang berguna untuk menjaga, mendeteksi dan menghapus virus dari sistem komputer. Dengan demikian perlu digunakan standardisasi penggunaan antivirus untuk mencegah jaringan dari serangan virus yang dapat menyebabkan gangguan dalam menggunakan jaringan. |
|
|
|
|
|
|
Mengupdate Service pack merupakan produk windows yang merupakan updater atau pembaharuan dari sistem operasi yang berguna untuk memperbaiki kesalahan dan menambahkan suatu fasilitas tertentu sehingga sistem operasi tetap terkini (up to date). Standardisasi service pack di lingkungan Unida menggunakan service pack versi terbaru. |
|
|
|
|
|
|
Menginstall Sistem operasi merupakan kumpulan program yang bertanggung jawab mengelola perangkat keras dan meyediakan berbagai fasilitas operasi dasar , misalnya penyimpanan file, akses ke jaringan, eksekusi program dan pemanfaatan memori. |
|
|
|
|
|
|
Memasang Firewall adalah sistem keamanan jaringan komputer yang digunakan untuk melindungi komputer dari beberapa jenis serangan dari komputer luar. Menurut Wabopedia.com Definisi Firewall adalah sebuah sistem yang didesain untuk mencegah akses yang tidak sah ke atau dari jaringan pribadi (Privat Network). |
|
|
|
|
|
|
Nama SOP |
: |
sop pemakaian software open source |
|
Nomor SOP |
: |
SOP/UNIDA/D6(T) )-0010-XX |
||
Tgl Penetapan |
: |
28 Juni 2017 |
||
Tgl Revisi |
: |
|
||
Nomor Revisi |
: |
|
||
Diperiksa oleh |
: |
Dr. Miftahul Ulum, |
|
|
Disahkan oleh |
: |
Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi |
|
|
DASAR |
KUALIFIKASI PELAKSANAAN |
|||
1. Anggaran Dasar Yayasan Undang- undang no. 2. UU no 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi 3. Peraturan Pemerintah no. 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi 4. Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 5. Anggaran Dasar Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 6. Anggaran Rumah Tangga Yayasan Perguruan 7. Statuta Universitas DARUSSALAM GONTOR 8. Blueprint Pengembangan Teknologi dan Komunikasi |
Perangkat Lunak (Perangkat lunak a. Sistem operasi, baik jaringan maupun stand alone, misalnya b. Program Tools dan Data Base, misalnya Microsoft Tools, Oracle Script, Oracle, Open Source data base dan lain-lain; c. Sistem Pengamanan, misalnya antivirus, firewall dan lain-lain; d. Customized Application Program, dikembangkan untuk mendukung unjuk kerja dari instansi itu sendiri, baik yang dikembangkan sendiri maupun hasil modifikasi; e. Generic Application Program, misalnya microsoft office, lotus smartsuite, star office dan lain-lain; f. Perangkat lunak lainnya yang dapat diaplikasikan secara mudah dan memasyarakat. |
|||
KETERKAITAN |
PERALATAN/PERLENGKAPAN |
|||
Kebijakan Mutu Universitas Manual Mutu Universitas |
|
SOP Pemakaian Software Open Source
Kegiatan |
PPTIK |
Client |
Kelengkapan |
Waktu |
Ket |
|
Pendukung Level Pertama Area pendukung |
|
|
|
|
|
|
Pendukung Level Kedua Jika unit Sistem |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nama SOP |
: |
SOP pemakaian software berlisensi |
|
Nomor SOP |
: |
SOP/UNIDA/D6(T) )-0011-XX |
||
Tgl Penetapan |
: |
28 Juni 2017 |
||
Tgl Revisi |
: |
|
||
Nomor Revisi |
: |
|
||
Diperiksa oleh |
: |
Dr. Miftahul Ulum, |
|
|
Disahkan oleh |
: |
Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi |
|
|
DASAR |
KUALIFIKASI PELAKSANAAN |
|||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. |
Perangkat lunak (Software) merupakan |
|||
KETERKAITAN |
PERALATAN/PERLENGKAPAN |
|||
Kebijakan Mutu Manual Mutu |
|
SOP Pemakaian software berlisensi
Kegiatan |
PPTIK |
Client |
Kelengkapan |
Waktu |
Ket |
|
Setiap Instalasi Software diharuskan software yang berlisensi kecuali software yang sifatnya Free (open source). |
|
|
|
|
|
|
Setiap Instalasi Software baru harus atas izin dari PPTIK dengan mengirim surat Kepada Ka. PPTIK yang di tandatangani oleh Ka.Biro / Dekan / Ka.Lembaga / Penggelola LabKOM / Dosen. |
|
|
|
|
|
|
Setiap software yang diinstal di semua komputer yang ada di UNIDA GONTOR adalah tanggung jawab PPTIK yang dibantu oleh Staf PPTIK serta pihak lain yang telah diberi izin. |
|
|
|
|
|
|
User/Dosen/Pengelola LABKOM yang meminta untuk instalasi software baru, setelah masa instalasi bisa menghubungi langsung atau melalui surat untuk kemudian disampaikan kepada Ka. PPTIK. |
|
|
|
|
|
|
PPTIK berhak menghapus/uninstal setiap software yang tidak digunakan untuk praktikum/pelatihan atau software ilegal tanpa konfirmasi kepada siapapun selain kepada Pengelola LABKOM / Dekan / Ka.prodi / Ka.Biro / Kepala Lembaga. |
|
|
|
|
|
|
PPTIK berhak menghapus/uninstal setiap software yang tidak digunakan untuk praktikum/pelatihan atau software ilegal tanpa konfirmasi kepada siapapun selain kepada Pengelola LABKOM / Dekan / Ka.prodi / Ka.Biro / Kepala Lembaga. |
|
|
|
|
|
|
Jika setelah dianalisa telah terjadi kerusakan pada software tersebut yang disebabkan ada faktor kesengajaan dari user maka PPTIK tidak melayani perbaikan kecuali ada permintaan dari Pengelola LABKOM/ Ka.biro/ Dekan/ Dosen. |
|
|
|
|
|
|
Setiap pengadaan software/Sistem operasi baru yang akan digunakan, baik yang dilakukan oleh pengelola labkom / Dekan / Dosen, harus memberitahukan kepada KA.PPTIK untuk dianalisa perutukannya dan diinventaris. |
|
|
|
|
|
|
Nama SOP |
: |
sop pemasangan jaringan komputer |
|
Nomor SOP |
: |
SOP/UNIDA/D6(T) )-0012-XX |
||
Tgl Penetapan |
: |
28 Juni 2017 |
||
Tgl Revisi |
: |
|
||
Nomor Revisi |
: |
|
||
Diperiksa oleh |
: |
Dr. Miftahul Ulum, |
|
|
Disahkan oleh |
: |
Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi |
|
|
DASAR |
KUALIFIKASI PELAKSANAAN |
|||
1. Anggaran Dasar Yayasan Undang- undang no. 2. UU no 12 tahun 2012 tentang Pendidikan 3. Peraturan Pemerintah no. 4 tahun 2014 4. Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 5. Anggaran Dasar Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 6. Anggaran Rumah Tangga Yayasan Perguruan 7. Statuta Universitas DARUSSALAM GONTOR 8. Blueprint Pengembangan Teknologi dan |
Pemasangan/perawatan jaringan internet di Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO dimaksudkan untuk memperlancar proses penelusuran informasi dan komunikasi di Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO, termasuk pengaksesan sistem informasi yang ada di Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO yang dibutuhkan dalam proses administasi dan akademik. |
|||
KETERKAITAN |
PERALATAN/PERLENGKAPAN |
|||
Kebijakan Mutu |
Surat Permohonan dari Unit Kerja Hasil survey Unit Kerja Surat balasan dan daftar rekomendasi peralatan yang |
SOP Pemasangan jaringan Komputer
Kegiatan |
PPTIK |
Client |
Kelengkapan |
Waktu |
Ket |
|
Pimpinan Unit Kerja mengajukan surat permohonan pemasangan / perawatan jaringan internet. |
|
|
Surat Permohonan dari Unit Kerja |
|
|
|
Tim Jaringan melakukan survey ke lokasi unit kerja yang perlu pemasangan / perawatan jaringan internet |
|
|
Hasil survey unit kerja |
1 Hari |
Survey lokasi untuk melaklukan mapping jaringan |
|
PPTIK memberikan rekomendasi kebutuhan peralatan yang dibutuhkan untuk pemasangan / perawatan jaringan internet melalui surat balasan ke unit kerja |
|
|
Surat balasan dan daftar rekomendasi peralatan yang dibutuhkan |
|
|
|
PPTIK akan melaksanakan pemasangan / perawatan jaringan internet setelah kebutuhan peralatan yang direkomendasi- kan tersedia |
|
|
|
1 Hari |
Proses pemasangan jaringan |
|
Nama SOP |
: |
sop pemasangan jaringan nirkabel |
|
Nomor SOP |
: |
SOP/UNIDA/D6(T) )-0013-XX |
||
Tgl Penetapan |
: |
28 Juni 2017 |
||
Tgl Revisi |
: |
|
||
Nomor Revisi |
: |
|
||
Diperiksa oleh |
: |
Dr. Miftahul Ulum, |
|
|
Disahkan oleh |
: |
Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi |
|
|
DASAR |
KUALIFIKASI PELAKSANAAN |
|||
1. Anggaran Dasar Yayasan Undang- undang no. 2. UU no 12 tahun 2012 tentang Pendidikan 3. Peraturan Pemerintah no. 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi 4. Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 5. Anggaran Dasar Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 6. Anggaran Rumah Tangga Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 7. Statuta Universitas DARUSSALAM GONTOR 8. Blueprint Pengembangan Teknologi dan |
Pemasangan/perawatan jaringan internet di Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO dimaksudkan untuk memperlancar proses penelusuran informasi dan komunikasi di Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO, termasuk pengaksesan sistem informasi yang ada di Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO yang dibutuhkan dalam proses administasi dan akademik. |
|||
KETERKAITAN |
PERALATAN/PERLENGKAPAN |
|||
Kebijakan Mutu Universitas Manual Mutu Universitas |
Surat Permohonan dari Unit Kerja Hasil survey Unit Kerja Surat balasan dan daftar rekomendasi peralatan yang dibutuhkan |
SOP Pemasangan Jaringan Nirkabel
Kegiatan |
PPTIK |
Client |
Kelengkapan |
Waktu |
Ket |
|
Pimpinan Unit Kerja mengajukan surat permohonan pemasangan / perawatan jaringan internet. |
|
1
|
Surat Permohonan dari Unit Kerja |
|
|
|
Tim Jaringan melakukan survey ke lokasi unit kerja yang perlu pemasangan / perawatan jaringan internet |
|
|
Hasil survey unit kerja |
1 Hari |
Survey lokasi untuk melaklukan mapping jaringan |
|
PPTIK memberikan rekomendasi kebutuhan peralatan yang dibutuhkan untuk pemasangan / perawatan jaringan internet melalui surat balasan ke unit kerja |
|
|
Surat balasan dan daftar rekomendasi peralatan yang dibutuhkan |
|
|
|
PPTIK akan melaksanakan pemasangan / perawatan jaringan internet setelah kebutuhan peralatan yang direkomendasi- kan tersedia |
|
|
|
1 Hari |
Proses pemasangan jaringan |
|
|
|
|
|
|
|
|
Nama SOP |
: |
sop permintaan penambahan bandwidth |
|
Nomor SOP |
: |
SOP/UNIDA/D6(T) )-0014-XX |
||
Tgl Penetapan |
: |
28 Juni 2017 |
||
Tgl Revisi |
: |
|
||
Nomor Revisi |
: |
|
||
Diperiksa oleh |
: |
Dr. Miftahul Ulum, |
|
|
Disahkan oleh |
: |
Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi |
|
|
DASAR |
KUALIFIKASI PELAKSANAAN |
|||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. |
Bandwitdh merupakan bagian koneksi layanan internet yang terdapat di Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO. |
|||
KETERKAITAN |
PERALATAN/PERLENGKAPAN |
|||
Kebijakan Mutu |
Surat Permohonan dari Unit Kerja |
SOP Permintaan Penambahan Bandwidth
Kegiatan |
PPTIK |
Client |
Kelengkapan |
Waktu |
Ket |
Pimpinan unit kerja mengirimkan surat |
|
1
|
Surat Permohonan |
|
|
Ka.PPTIK mendisposisikan surat tersebut |
2
|
|
|
10 Menit |
|
Staf divisi jaringan melakukan cek |
|
|
|
5 Menit |
|
Apabila bandwidth tidak mencukupi |
4
|
|
|
20 Menit |
Mencari solusi |
Apabila permohonan tersebut dapat dilaksanankan |
|
|
|
10 menit |
|
PPTIK akan menginformasikan status penyelesaian |
5
|
|
|
|
|
|
Nama SOP |
: |
sop penggunaan video conference dan |
|
Nomor SOP |
: |
SOP/UNIDA/D6(T)-0015-XX |
||
Tgl Penetapan |
: |
28 Juni 2017 |
||
Tgl Revisi |
: |
|
||
Nomor Revisi |
: |
|
||
Diperiksa oleh |
: |
Dr. Miftahul Ulum, |
|
|
Disahkan oleh |
: |
Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi |
|
|
DASAR |
KUALIFIKASI PELAKSANAAN |
|||
1. Anggaran Dasar Yayasan Undang- undang no. 2. UU no 12 tahun 2012 tentang Pendidikan 3. Peraturan Pemerintah no. 4 tahun 2014 4. Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005 5. Anggaran Dasar Yayasan Perguruan Tinggi 6. Anggaran Rumah Tangga Yayasan Perguruan 7. Statuta Universitas DARUSSALAM GONTOR 8. |
Streaming Video conference adalah konverensi video dimana data yang di-transmisikan dalam Video conference berbeda dengan video phone yang memang didesain untuk melayani |
|||
KETERKAITAN |
PERALATAN/PERLENGKAPAN |
|||
Kebijakan Mutu |
|
SOP Penggunaan Video Conference dan streaming
Kegiatan |
PPTIK |
Client |
Kelengkapan |
Waktu |
Ket |
|
Server and Client Video streaming terbentuk hanya karena terdapat server (memiliki jaringan serta ruang penyimpanan yang besar) dan klien (PC pribadi) yang dapat berkomunikasi dalam bentuk bit. |
|
|
|
|
|
|
Mentransfer Bit dan Bytes Server menyimpan file video yang berisi beberapa bit dan byte – byte kode. Kode – kode ini berisi petunjuk agar pada saat yg sama computer |
|
|
|
|
|
|
Membaca dan Menerima Film Setelah server melakukan koneksi dengan remote client (komputer pribadi), ia mulai mentransfer instruksi untuk memutar video di computer dalam bentuk kode stream yang berukuran kecil. Kode-kode tersebut ditransfer dalam suatu paket melalui jaringan dan di load dalam memory computer. Komputer memproses kode-kode video da kemudian menampilkannya pada layar. |
|
|
|
|
|
|
Memerlukan Buffer Computer menyimpan dan mengolah kode-kode video dalam file buffer, sehingga tidak harus terus menerus harus tersambung ke server. Jika koneksi terputus untuk sementara, maka server akan mengetahui sampai sejuh mana file berhasil di buffer, untuk kemudian server amakn mengirimkan kode-kode selanjutnya untuk memutar video. Komputer mendownload dan menyimpan kode-kode video dalam buffer dengan baik secara terus menerus hingga video siap dimainkan di layar. |
|
|
|
|
|
|
Format dan Media Player Untuk membaca kode-kode file yang diterima dari server tersebut, diperlukan suatu cara. Jika kita langsung membukanya pada computer, Anda tidak akan tahu bahwa file tersebut adalah file video. Jadi computer menggunakan suatu perangkat lunak yang disebut media player untuk menampilkan kode-kode tersebut pada layar.Ada banyak aplikasi player yang ada, dan sebelumnya kedua server dan PC client harus mempunyai persetujuan mengenai perungkat lunak yang dapat digunakan untuk menampilkan video |
|
|
|
|
|
|
Menerima data Teleconference memungkinkan data dari sumber lain untuk masuk ke sistem Anda melalui koneksi internet dan saluran telepon. Anda akan membutuhkan layar komputer, layar televisi, atau proyektor lain untuk menerima dan menampilkan informasi yang Anda terima. Data yang dikirim keluar dari sumber lain, akan dipecah menjadi bit kecil informasi melalui kompresi codec. Pada proses ini dilakukan pengambilan data dan meletakkannya ke dalam sekelompok kecil paket data yang dapat disalurkan ke layar Anda. |
|
|
|
|
|
|
Mengirimkan data Untuk berbagi foto dan data dari sistem anda dengan orang lain dalam suatu konferensi diperlukan web cam atau segala jenis kamera video dan mikrofon untuk mengirimkan audio. Ini merupakan sarana dasar untuk melihat dan mendengar Anda, meskipun beberapa peralatan yang diperlukan relative mahal, namun hal itu harus ditempuh jika bisnis Anda memang memerlukan beberapa fitur lebih maju dari teleconferencing video. |
|
|
|
|
|
|
Nama SOP |
: |
sop pemeliharaan jaringan |
|
Nomor SOP |
: |
SOP/UNIDA/D6(T)-0016-XX |
||
Tgl Penetapan |
: |
28 Juni 2017 |
||
Tgl Revisi |
: |
|
||
Nomor Revisi |
: |
|
||
Diperiksa oleh |
: |
Dr. Miftahul Ulum, |
|
|
Disahkan oleh |
: |
Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi |
|
|
DASAR |
KUALIFIKASI PELAKSANAAN |
|||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. |
Jaringan komputer saat ini sudah |
|||
KETERKAITAN |
PERALATAN/PERLENGKAPAN |
|||
Kebijakan Mutu |
|
Sop Pemeliharaan Jaringan
Kegiatan |
PPTIK |
Client |
Kelengkapan |
Waktu |
Ket |
|
Staf PPTIK yang bertugas untuk melakukan monitoring jaringan menemukan adanya gangguan pada node di jaringan lokal UNIDA GONTOR atau menerima laporan dari pengguna jasa di lingkungan Kampus Unida. |
|
|
|
|
|
|
Staf PPTIK segera melakukan pengecekan perangkat dengan menggunakan perintah ping dan tracer. |
|
|
|
|
|
|
Apabila ping tidak berhasil, maka staf PPTIK segera menghubungi pengelola IT/staf tempat terjadi gangguan dan mengkonfirmasi yang terjadi |
|
|
|
|
|
|
Staf PPTIK segera melaporkan tentang permasalahan yang terjadi dan perkiraan waktu pemulihan kembali ke Ka.PPTIK dan user/pemohon yang terkena dampak dari gangguan. |
|
|
|
|
|
|
Apabila gangguan terjadi pada infrastruktur IT, staf PPTIKsegera melaporkan permasalahan yang terjadi kepada Ka.PPTIK dan User/pemohon yang terkena dampak dari gangguan. |
|
|
|
|
|
|
Anggota PPTIK segera menindaklanjuti laporan dengan mengirimkan staf PPTIK ke lokasi tempat gangguan. |
|
|
|
|
|
|
Staf PPTIK segera melakukan inventarisasi permasalahan dan berdasarkan hal tersebut ditentukan estimasi waktu pemulihan. |
|
|
|
|
|
|
Staf PPTIK melaporkan kondisi di lapangan beserta estimasi waktu pemulihan kepada Ka.PPTIK. |
|
|
|
|
|
|
Ka.PPTIK megirimkan surat dan media informasi melaporkan kondisi yang terjadi beserta estimasi waktu pemulihan kepada Ka.Biro/Dekan/Kepala Lembaga yang terkena dampak dari gangguan. |
|
|
|
|
|
|
Staf PPTIK melakukan cek secara fisik terhadap perangkat aktif jaringan tulang punggung minimal sebulan sekali. Item cek fisik sesuai dengan form data |
|
|
|
|
|
|
Staf PPTIK yang bertugas untuk memonitor jaringan melihat pesan koneksi gangguanpada sistem monitoring. |
|
|
|
|
|
|
Staf PPTIK melakukan cek server DNS yang digunakan dengan menggunakan perintah nslookup. Domain yang digunakan sebagai parameter masukan untuk program nslookup adalah unida.gontor.ac.id, google.com, dan yahoo.com. |
|
|
|
|
|
|
Staf PPTIK menggunakan program mrtg untuk melakukan cek konektivitas. Alamat IP yang digunakan untuk melakukan pengecekan. |
|
|
|
|
|
|
Apabila salah satu dari hasil the dude tidak bagus, maka staf PPTIK yang bertugas untuk monitoring segera menghubungi Provider penyedia Jasa Internet dan Jasa Maintenance untuk UNIDA. |
|
|
|
|
|
|
Staf bidang jaringan yang bertugas menanyakan estimasi pemulihan gangguan ke Provider penyedia Jasa Internet untuk UNIDA GONTOR |
|
|
|
|
|
|
Staf PPTIK membuat laporan ke pengguna Internet di lingkungan UNIDA melalui surat yang ditanda tangani oleh KA.PPTIK atau melalui email tentang gangguan jaringan yang terjadi beserta estimasi waktu untuk pulih kembali |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nama SOP |
: |
sop pengembangan sistem informasi |
|
Nomor SOP |
: |
SOP/UNIDA/D6(T)-0017-XX |
||
Tgl Penetapan |
: |
28 Juni 2017 |
||
Tgl Revisi |
: |
|
||
Nomor Revisi |
: |
|
||
Diperiksa oleh |
: |
Dr. Miftahul Ulum, M.Ag. |
|
|
Disahkan oleh |
: |
Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi |
|
|
DASAR |
KUALIFIKASI PELAKSANAAN |
|||
1. Anggaran Dasar Yayasan Undang- undang no. 2. UU no 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi 3. Peraturan Pemerintah no. 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi 4. Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 5. Anggaran Dasar Yayasan Perguruan Tinggi 6. Anggaran Rumah Tangga Yayasan Perguruan 7. Statuta Universitas DARUSSALAM GONTOR 8. Blueprint Pengembangan Teknologi dan |
Mengembangkan sistem informasi di |
|||
KETERKAITAN |
PERALATAN/PERLENGKAPAN |
|||
Kebijakan Mutu Universitas Manual Mutu Universitas |
|
SOP Pengembangan Sistem Informasi
Kegiatan |
PPTIK |
Client |
Kelengkapan |
Waktu |
Ket |
Ka.PPTIK membuat Rencana Pengembangan |
1
|
|
|
|
|
Ka.PPTIK menentukan sistem informasi yang |
2
|
|
|
|
|
Penanggung Jawab Pengembangan membuat |
3
|
|
|
|
|
penanggung jawab pengembangan. Ka.PPTIK |
|
|
|
|
|
Penanggung jawab kegiatan membuat rencana |
5
|
|
|
|
|
|
Nama SOP |
: |
sop pengelolaan data pusat data |
|
Nomor SOP |
: |
SOP/UNIDA/D6(T)-0018-XX |
||
Tgl Penetapan |
: |
28 Juni 2017 |
||
Tgl Revisi |
: |
|
||
Nomor Revisi |
: |
|
||
Diperiksa oleh |
: |
Dr. Miftahul Ulum, |
|
|
Disahkan oleh |
: |
Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi |
|
|
DASAR |
KUALIFIKASI PELAKSANAAN |
|||
1. Anggaran Dasar Yayasan Undang- undang no. 2. UU no 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi 3. Peraturan Pemerintah no. 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi 4. Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 5. Anggaran Dasar Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 6. Anggaran Rumah Tangga Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 7. Statuta Universitas DARUSSALAM GONTOR 8. Blueprint Pengembangan Teknologi dan Komunikasi Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO |
Pusat data adalah divisi yang melayani pengelolaan data mahasiswa, dosen dan akademik serta melayani bantuan teknis terkait integrasi simak dan feeder melalui web services Integrator. |
|||
KETERKAITAN |
PERALATAN/PERLENGKAPAN |
|||
Kebijakan Mutu Universitas Manual Mutu Universitas |
|
SOP Pengelolaan DataPusat Data
Kegiatan |
PPTIK |
Client |
Kelengkapan |
Waktu |
Ket |
|
Tim Divisi pusat data wajib memberikan pelayanan terkait pengelolaan perubahan data mahasiswa, dosen dan bantuan teknis. |
|
|
|
|
|
|
Mahasiswa atau dosen dapat meminta pelayanan perubahan data melalui aplikasi pelayanan PDDIKTI atau dengan datang langsung ke divisi pusat data |
|
|
|
|
|
|
Tim divisi pusat data akan mendelegasikan tugas terkait permintaan perubahan data kepada staf yang sesuai dengan tugasnya |
|
|
|
|
|
|
Pusat data wajib menginputkan layanan oleh user atas permintaan data tersebut dan wajib memverifikasi data pelapor tersebut. |
|
|
|
|
|
|
User berhak mendapatkan kepastian solusi atas perubahan data yang dilaporkan. |
5
|
|
|
|
|
|
Pelayanan yang diberikan sama berbasis teknologi dan tertulis. |
6
|
|
|
|
|
|
Nama SOP |
: |
permintaan akses data dan sistem |
|
Nomor SOP |
: |
SOP/UNIDA/D6(T)-0019-XX |
||
Tgl Penetapan |
: |
28 Juni 2017 |
||
Tgl Revisi |
: |
|
||
Nomor Revisi |
: |
|
||
Diperiksa oleh |
: |
Dr. Miftahul Ulum, |
|
|
Disahkan oleh |
: |
Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi |
|
|
DASAR |
KUALIFIKASI PELAKSANAAN |
|||
1. Anggaran Dasar Yayasan Undang- undang no. 2. UU no 12 tahun 2012 tentang Pendidikan 3. Peraturan Pemerintah no. 4 tahun 2014 4. Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005 5. Anggaran Dasar Yayasan Perguruan Tinggi 6. Anggaran Rumah Tangga Yayasan Perguruan 7. Statuta Universitas DARUSSALAM GONTOR 8. Blueprint Pengembangan Teknologi dan |
Jaringan komputer yang ada saat ini sudah mencakup 85% area kampus. Pada perkembangannya dengan adanya perluasan kampus maupun pemindahan unit kerja menyebabkan adanya permintaan pemasanagan jaringan komputer baru. Pemasangan jaringan komputer di UNIDA GONTOR dilakukan dengan dua jenis yaitu secara kabel (wired) maupun secara nirkabel (wireless). Pada saat pembangunan gedung baru, jaringan baru mutlak di berikan kepada gedung baru tersebut, demikian juga jika terjadi pemindahan unit kerja maupun penambahan ruang/unit pada setiap unit kerja. |
|||
KETERKAITAN |
PERALATAN/PERLENGKAPAN |
|||
Kebijakan Mutu Universitas Manual Mutu Universitas |
|
SOP Permintaan Akses Data Dan Sistem Informasi
Kegiatan |
PPTIK |
Client |
Kelengkapan |
Waktu |
Ket |
|
Unit Kerja mengirimkan surat permohonan ke Ka. PPTIK yang diketahui/ditandatangani Oleh Ka.Biro/Dekan/Kepala Lembaga. |
|
|
|
|
|
|
Ka.PPTIK akan mendisposisikan permohon pemasangan jaringan baru ke staf PPTIK |
|
|
|
|
|
|
Ka. PPTIK menugaskan Staf untuk melakukan pengecekan/survey ke lokasi untuk mengetahui masih ada atau tidaknya kemungkinan untuk melakukan penambahan jaringan baru dan melakukan analisis konfigurasi jaringan yang telah ada. |
|
|
|
|
|
|
Dari hasil survey ke lapangan tersebut, selanjutnya staf PPTIK memberikan rekomendasi kepada Ka. PPTIK tentang ketersediaan sarana dan prasarana untuk melakukan pemasangan jaringan baru untuk selanjutnya dikeluarkan dokumen RAB serta estimasi lama pengerjaan yang ditandatangani Ka. PPTIK |
|
|
|
|
|
|
RAB yang telah ditandatangani oleh Ka. PPTIK tersebut akan dimintakan persetujuan Rektor untuk selanjutnya didisposisikan ke AIPT dan BAUK, Apabila disetujui, selanjutnya pemasangan sambungan jaringan baru dapat dilaksanakan. |
|
|
|
|
|
|
Setelah penyambungan selesai dilaksanakan, maka akan dilakukan uji kualitas penyambungan sesuai dengan Permintaan. |
|
|
|
|
|
|
Bila uji kualitas berjalan dengan baik, maka Ka. PPTIK mengeluarkan proposal dana ke AIPT, BAUK dengan menggunakan dana anggaran biaya pemeliharaan dan perbaikan jaringan |
|
|
|
|
|
|
Bila dalam uji kualitas hasil yang didapat tidak sesuai dengan standar maka akan dilakukan pengecekan ulang pada sambungan yang telah terpasang dan dilakukan instalasi ulang jaringan tersebut sampai didapatkan kualitas yang sesuai standar. |
|
|
|
|
|
|
Jika pemasangan sudah selesai, pihak pengguna menandatangani berita acara pemasangan jaringan baru. |
|
|
|
|
|
|
Nama SOP |
: |
Pemeliharaan data berupa Backup dan |
|
Nomor SOP |
: |
SOP/UNIDA/D6(T)-0020-XX |
||
Tgl Penetapan |
: |
28 Juni 2017 |
||
Tgl Revisi |
: |
|
||
Nomor Revisi |
: |
|
||
Diperiksa oleh |
: |
Dr. Miftahul Ulum, |
|
|
Disahkan oleh |
: |
Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi |
|
|
DASAR |
KUALIFIKASI PELAKSANAAN |
|||
1. Anggaran Dasar Yayasan Undang- undang no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2. UU no 12 tahun 2012 tentang PendidikanTinggi 3. Peraturan Pemerintah no. 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi 4. Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 5. Anggaran Dasar Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 6. Anggaran Rumah Tangga Yayasan Perguruan Tinggi Darrusalam 7. Statuta Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO 8. Blueprint Pengembangan Teknologi dan Komunikasi Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO |
Prosedur ini mencakup kegiatan pengembalian data di lingkungan PPTIK Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO. Restore terutama dilakukan untuk database. |
|||
KETERKAITAN |
PERALATAN/PERLENGKAPAN |
|||
Kebijakan Mutu Universitas Manual Mutu |
Form Restore Data |
Pemeliharaan data berupa Backup dan Restore
Kegiatan |
PPTIK |
Client |
Kelengkapan |
Waktu |
Ket |
||
Pengguna mengadukan kerusakan data yang |
|
|
Form Restore Data |
3 Menit |
|
||
PPTIK menindak lanjuti dengan mematikan |
|
|
|
2 Menit |
|
||
PPTIK melakukan proses restore data pada |
|
|
|
|
|
||
Setelah proses restore selesai servis |
|
|
|
2 Menit |
|
||
PPTIK memberikan informasi kepada |
|
|
|
|
|