SOP PERBAIKAN JARINGAN

  1. Staf divisi infrastruktur yang bertugas untuk melakukan monitoring jaringan menemukan adanya gangguan pada node di jaringan lokal Universitas DARUSSALAM GONTOR PONOROGO atau menerima laporan dari pengguna jasa dilingkungan
  2. Staf divisi infrastruktur segera melakukan pengecekan perangkat dengan menggunakan perintah ping.
  3. Staf divisi infrastruktur segera menindak lanjuti laporan dengan mengirimkan staf divisi infrastruktur ke lokasi tempat gangguan
    Staf divisi infrastruktur segera melakukan inventarisasi permasalahan dan berdasarkan hal tersebut ditentukan estimasi waktu pemulihan.
  4. Staf divisi infrastruktur segera melakukan perbaikan sesuai dengan permasalahan dan estimasi waktu pemulihan yang telah ditentukan
    Staf divisi infrastruktur melakukan pengecekan secara fisik terhadap perangkat aktif jaringan utama (backbone) minimal sebulan sekali.
    Staf divisi infrastruktur memonitor jaringan untuk melihat pesan koneksi gangguan pada sistem monitoring.
  5. Staf divisi infrastruktur melakukan pengecekan server DNS yang digunakan dengan menggunakan perintah nslookup.
  6. Apabila hasil pengecekan konektivitas kurang baik, maka staf divisi infrastruktur yang bertugas segera menghubungi pihak ISP (Internet Service Provider) untuk berkoordinasi mengenai masalah tersebut dan juga menanyakan estimasi pemulihan gangguan.
  7. Staf divisi infrastruktur membuat pengumuman ke pengguna Internet di lingkungan Universitas unida Ponorogo melalui website http://pptik.gontor.ac.id tentang gangguan jaringan yang terjadi