LAYANAN JARINGAN

Pengembangan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi

A. Pembangunan dan Pengembangan Jaringan Intranet dan Internet (2016-2021)

Penggunaan TIK di lingkungan kampus dapat menunjang kegiatan belajar mengajar. Semakin berkembangnya TIK menyebabkan kebutuhan akan akses informasi dapat dikatakan menjadi kebutuhan primer saat ini. Akses Internet menjadi salah satu sarana yang wajib ada dan dibutuhkan oleh setiap sivitas akademika terutama di lingkungan Universitas Darussalam Gontor .

Kebutuhan pembangunan dan pengembangan jaringan Intranet dan Internet sebagai tulang punggung jaringan komputer mutlak diperlukan. Kegiatan komunikasi, sharing file dan printer, serta akses informasi adalah kegiatan-kegiatan yang memerlukan jaringan Intranet maupun Internet agar setiap komputer saling terhubung dan melakukan kegiatan- kegiatan tersebut. Beberapa kegiatan yang harus dilakukan oleh Universitas Darussalam Gontor untuk menyediakan layanan jaringan Intranet dan Internet yang cepat dan handal adalah:

1. Revitalisasi Jaringan Utama

2. Revitalisasi Jaringan Local Area Network (LAN)

3. Revitalisasi Jaringan Nirkabel (Wireless)

4. Monitoring Jaringan

B. Pembangunan Data Center (2017-2018)

Data center adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk penyimpanan data secara digital. Keberadaan data center sangat diperlukan untuk penyimpanan data-data penting secara terpusat yang dapat diakses 24 jam sehari dan 7 hari dalam satu minggu. Keberadaan data center akan sangat besar manfaatnya manakala ada hal tak terduga yang melanda sebuah kampus. Misalnya saja terjadi bencana alam yang merusak kampus sehingga menyebabkan semua arsip data kampus musnah. Dengan adanya data center, maka semuanya dapat diatasi karena data kampus tetap utuh di lokasi data center.

C. Pengadaan Komputer (2018-2023) dan Sarana Multimedia (2018-2019) Dalam Perkuliahan

Adanya unit komputer sangat membantu sekali dalam kegiatan perkuliahan, terutama untuk mata kuliah yang menggunakan aplikasi komputer. Di Universitas Darussalam Gontor sudah ada ruang Komputer (Labkom) yang dapat digunakan sebagai ruang mata kuliah atau digunakan oleh mahasiswa yang memang membutuhkan komputer untuk mendukung kegiatan belajar mereka. Akan tetapi hal itu dirasa kurang mencukupi, sehingga rencananya di setiap kelas akan diadakan sebuah unit komputer yang dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa sewaktu-waktu tanpa harus menggunakan ruang Labkom.

Sarana multimedia dalam perkuliahan sangat diperlukan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar yang memang memerlukan perangkat multimedia seperti kuliah Perpajakan, Manajemen Keuangan, Satatistik dan sebagainya. Sarana multimedia ini nantinya mendukung untuk kebutuhan audio, video, dan visual.

D. Penambahan Server Untuk Layanan TIK (2017-2019) Untuk saat ini Universitas Darussalam Gontor masih belum menggunakan server sendiri untuk menyimpan data ataupun aplikasi sistem informasi yang sudah ada. Hal ini terjadi karena kurangnya sumber daya manusia yang menguasai perihal server dan rinciannya. Fokus pertama kali yang harus dilakukan adalah merekrut tenaga-tenaga ahli di bidang server untuk layanan TIK. Apabila hal tersebut sudah terpenuhi, maka beberapa server yang perlu diadakan di lingkungan Universitas Darussalam Gontor adalah sebagai berikut:

1. Server DNS

2. Server Web

3. Server Hosting

4. Server Database

5. Server Proxy

6. Mail Server

7. Server Backup

8. Server Aplikasi Sistem Informasi