IT Enginer dan Developer

Aplikasi online dan website pengembangan PPTIK 2016 -2021.

  1. Central website (https://central.unida.gontor.ac.id/)
  2. Lecturer (https://lecturer.unida.gontor.ac.id/)

lecturer adalah aplikasi berbasis web yang diperuntukkan kepada dosen sebagai alat untuk mempermudah berjalannya kegiatan akademik, setiap dosen Universitas Darussalam Gontor wajib memiliki dan bisa menggunakan aplikasi tersebut, karena di dalamnya ada fasilitas akademik seperti daftar kehadiran mahasiswa, penginputan nilai mahasiswa, pengesahan KRS dll. Aplikasi ini mirip dengan SIAKAD bagi mahasiswa hanya saja diperuntukkan kepada dosen

3. Repository Universitas Darussalam Gontor (http://repo.unida.gontor.ac.id/)

Repository adalah sebuah system informasi berbasis web yang berfungsi sebagai pusat data skripsi mahasiswa, disertasi, maupun karya ilmiah dosen, yang merupakan karya lokal (local contents) sivitas akademika dari perguruan tinggi tersebut. Tujuan dari pembuatan sistem informasi ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen layanan repository Universitas Darussalam Gontor. Manfaat dari repository Universitas Darussalam Gontor adalah untuk mengumpulkan karya ilmiah dalam suatu tempat agar mudah ditemukan kembali di mesin pencari seperti googel dan lainnya, sebagai sarana promosi, menyebarluaskan karya sivitas akademika dengan tempat dan waktu yang tidak terbatas.

4. Sistem Informasi Kepegawaian (https://simpeg.unida.gontor.ac.id/)

Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) adalah sistem yang mampu memberikan informasi data-data pegawai pada Universitas Darussalam Gontor yang saling berinteraksi mencapai tujuan yang telah ditargetkan. SIMPEG menangani pengelolaan data kepegawaian khususnya meliputi: pendataan pegawai, BKD, proses perencanaan dan formasi kepegawaian, penggajian, penilaian angka kredit, mutasi pegawai, dan sistem pelaporan. Tujuan dari pembuatan sistem informasi ini adalah untuk mempercepat proses pencatatan dan pengolahan data dan mampu menyajikan informasi kepegawaian kapan saja, sehingga informasi yang diminta dapat tepat waktu, tepat sasaran, dan akurat.

5. Asset Management (https://aset.unida.gontor.ac.id/login)

Sistem Informasi Manajemen Aset) adalah suatu Sistem Informasi yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam menggelola harta, kekayaan dan modal dari sebuah instansi, perguruan tinggi universitas darussalam gontor yang memiliki masa manfaat, serta mengelola barang persediaan dan barang habis pakai. Menyajikan berbagai informasi asset mulai dari data asset, lokasi asset, hingga transaksi secara komprehensif dengan informasi yang valid dan akurat secara online melalui jaringan.

Manfaat menggunakan asset manegement: Mampu membantu proses investarisasi dan pengendalian asset seperti pengusulan penggandaan asset, perawatan pemeliharaan asset, pembuatan kartu inventaris barang, mutasi/ transfer asset, penyusutan asset, lelang. Mendukung pengembangan perencanaan strategis dengan menyajikan laporan- laporan statistik, analisa-analisa dan grafik trend mengenai kondisi asset. Memenuhi kejelasan akuntabilitas : kepemilikan asset, pengelola/ penanggung jawab aset dan lokasi aset tersebut berada secara akurat

6. E-Biling (https://ebilling.unida.gontor.ac.id/site/login)

E-Biling merupakan salah satu fitur baru yang dikembangakan di Universitas Darusalam Gontor, yang merupakan salah satu dari pengembangan sistem kependidikan yang yang memfokuskan pada pembayaran dengan E-money, Universtas Darussalam Gontor bekerja sama dengan bank Muamalat untuk melakukan pembayarn secara online melalui virtual account, di dalam E-Billing Mahasiswa diharuskan melakukan Top Up melalui virtual acount, guna untuk melakukan pembayaran SPP serta pembayaran daftar ulang sehingga lebih aman dan mudah. dan dengan adanya E-Billing ini mahasiswa bisa melakukan pengecekan tagihan yang harus dibayar serta pengecekan tagihan yang telah dibayar, selain memudahkan mahasiswa di dalam Aplikasi E-Billing ini juga memudahkan bagian BAUK dalam melakukan pencekalan mahasiswa yang masih memiliki tagihan pembayaran bulanan dan daftar ulang

7. Tahfidz fitur tambahan (https://siakad.unida.gontor.ac.id/)

Universitas Darussalam Gontor merupakan sebuah perguruan tinggi pesantren yang didirikan dengan tujuan agar menjadi Pusat Pembelajaran bahasa Al-Qur’an al-Karim (Bahasa Arab) dan Pusat Studi yang mengintegrasikan antara ilmu pengetahuan agama dan umum. Sehingga
universitas ini memiliki salah satu program unggulannya yakni Tahfidzul Qur’an. Semua mahasiswa UNIDA Gontor baik S1, S2 maupun S3 wajib mengikuti program ini, karena program ini seabagai syarat utama mengikuti ujian akhir semester dan juga prasyarat pelaksanaan kegiatan
akademik yang lain. Sehingga untuk mempermudah mahasiswa dan civitas akademika dalam melaksanakan program ini maka dibuatlah sebuah sistem informasi monitoring tahfidz al-Qur’an Sistem informasi monitoring tahfidz, adalah sebuah sistem untuk mempermudah setiap
mahasiswa dan instansi Universitas Darussalam Gontor dalam melaksanakan program unggulan universitas yakni tahfidzul qur’an, sistem ini hadir agar civitas akademika dapat memonitor perkembangan keaktifan mahasiswa dalam menghafal al-Qur’an dan juga mahasiswa dapat melihat nilai serta rekapan hafalan yang pernah disetorkan ke Ustadz pembimbing hafalannya

8. SISTER (https://sister.unida.gontor.ac.id/)

merupakan singkatan dari Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi SISTER memberikan hak akses control penuh kepada dosen Universitas atas data mereka masingmasing, dimana dosen dapat mengubah dan memperbarui data mereka sesuai dengan data terbaru dengan mudah, dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kualitas data dalam rangka pembuatan kebijakan pengembangan SDM yang tajam dan relevan.

9. SIAKAD (https://siakad.unida.gontor.ac.id/)

(Sistem Informasi Akademik) adalah suatu sintem informasi akademik yang di bangun untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus, yang di muat secara online. Kegiatan administrasi kampus seperti pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, perwalian, pengelolaan data dosen & mahasiswa yang dapat digunakan secara online, adapun yang bersifat Non-Akademik penginputan AKPAM (Angka Kredit Penunjang Akademis Mahasiswa), Pelanggaran Mahasiswa, dan Tahfidz Qur’an Mahasiswa. Tujuan dari adanya SIAKAD ini adalah penataan data dalam pengelolaan akademik serta mempercepat dan memudahkan penyampaian informasi.

10. ADMISI & PMB (https://pmb.unida.gontor.ac.id/)

apa itu PMB? Penerimaan mahasiswa baru (PMB) adalah aktifitas rutin perguruan tinggi setiap pembukaan ajaran baru. Dalam pelaksanaan PMB kini telah banyak jalur seleksi untuk melakukan pendaftaran ke perguruan tinggi. baik dalam bentuk offline, maupun online kapan aplikasi dibentuk ? Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi. ketika antrian penerimaan mahasiswa baru semakin meningkat, dan era digital sekarang ini, sehingga mendorong kita (para programer) untuk membuat aplikasi yang dimana kita dapat mengantri tanpa harus datang ketempat dan mengantri layaknya antrian sumbangan. Kenapa aplikasi ini bisa terbentuk? karena dengan aplikasi ini, kita tidak usah lagi jauh-jauh pergi ke tempat yang kita tuju(universitas) jika hanya untuk mendaftarkan diri, jika dulu, ketika kita ingin memilih suatu univ hanya sekedar dengan rumor tanpa ada bukti yang pasti, dengan aplikasi ini kita bisa melihat semuanya baik dr informasi, akreditasi, aktivitas maupun fasilitas. bagaimana cara kita mengetahui suatu universitas di era digital ini? itu sangat mudah, dengan mencari website suatu univ yang kamu inginkan lalu lihatlah informasi yang ada para website tersebut, apabila kurang cocok, kita tinggal mencari yang baru, sesuai dengan harapan anda. Tanpa mengeluarkan yang berlebih, cuma bermodalkan kuota

11. PERPUSTAKAAN (https://lib.unida.gontor.ac.id/opac/)

Apa itu perputakaan ? sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi(bangku sekolah), serta dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku dengan biaya sendiri.seiring berjalannya waktu, dan buku perpustakaan makin bertambah, maka terciptalah aplikasi ini. Kapan aplikasi ini dibentuk ? ketika sang peminjam kesulitan dalam mencari buku dikarenakan jumlah buku yang beraneka ragam Kenapa aplikasi ini terbentuk? itu karena banyaknya koleksi yang dimiliki oleh suatu perpustakaan sehingga kita dapat mencarinya dengan mudah melalui aplikasi ini (dengan mencari posisi buku danletaknya) bagaimana cara mencari buku di perpustakaan melalui aplikasi ini? pertama kita kunjungi terlebih dahulu websitenya, lalu tulislah buku yang akan dipnjam di kolom search, setelah beberapa saat, akan muncul beberapa kriteria buku yang akan dipinjam, setelah menemukan buku yang akan dipinjam, klik buku tersebut, lalu akan muncul letak serta posisi buku tersebut disimpan.

12. SPMI (https://spmi.unida.gontor.ac.id/)

adalah System Penjaminan Mutu internal. penilaian kinerja seluruh civitas akademika univesitas dalam meneningkatkan mutu pembelajaran dan manajemen aktivitas yang bermutu.

13. TRACER STUDY (https://alumni.unida.gontor.ac.id/)

Sistem Tracer Study Universitas Darussalam Gontor adalah sistem sekaligus penelitian yang memantau sekaligus mengenal situasi para alumni dari Universitas Darussalam Gontor dalam hal pencarian kerja, situasi kerja dan pemanfaatan pemerolehan kompetensi selama kuliah di Universitas Darussalam Gontor. Adapu manfaat sekaligus tujuan dari sistem ini adalah memberikan informasi lebih penting mengenai hubungan antara dunia perguruan tinggi dengan dunia kerja. Adapun didalamnya juga dapat menyajikan informasi mendalam dan rinci mengenai kecocokan kerja baik horisontal (antar berbagai bidang ilmu) maupin vertikal (antar berbagai level/strata pendidikan). Didalamnya dapat ikut memabantu mengatasi permasalahan kesenjangan kesempatan kerja dan upaya perbaikannya, tetapi bagi universitas juga dapat membantu upaya perbaikan kurikulum dan sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan dunia kerja.

14. E-BILLING (https://ebilling.unida.gontor.ac.id/site/login)

E-Billing merupakan salah satu fitur baru yang dikembangkan di Universitas Darusalam Gontor, yang merupakan salah satu dari pengembangan sistem kependidikan yang yang memfokuskan pada pembayaran dengan E-money, Universitas Darussalam Gontor bekerja sama dengan bank Muamalat untuk melakukan pembayaran secara online melalui virtual account, di dalam E-Billing Mahasiswa diharuskan melakukan Top Up melalui virtual account, guna untuk melakukan pembayaran SPP serta pembayaran daftar ulang sehingga lebih aman dan mudah. dan dengan adanya E-Billing ini mahasiswa bisa melakukan pengecekan tagihan yang harus dibayar serta pengecekan tagihan yang telah dibayar, selain memudahkan mahasiswa di dalam Aplikasi E-Billing ini juga memudahkan bagian BAUK dalam melakukan pencekalan mahasiswa yang masih memiliki tagihan pembayaran bulanan dan daftar ulang

15. WISUDA (https://wisuda.unida.gontor.ac.id/index.php)

Sistem Wisuda Universitas Darussalam Gontor adalah sistem yang dimana mengatur alur jalannya wisuda pada setiap tahunnya yang dilakukan selama 2 kali dalam setahun. Disini sistem ini yang mengkonfigurasi jumlah kuota, menampilkan persyaratan wisuda sekaligus menjadi wadah dalam pengumpulan persyaratan tersebut. Adapun sistem ini saling terkait dengan namanya sistem lainnya yang ada di kampus seperti SIAKAD, SIMPEL dsb. Yang dimana semua kriteria yang sudah mumpuni bisa langsung terkonfigurasikan menjadi syarat wisuda nantinya. Di dalamnya juga menampilkan terkait hal-hal menjelang wisuda beserta rentetan acara wisuda nantinya seperti perfotoan, batas terakhir pengumpulan persyaratan dll. Sehingga semua kegiatan wisuda dapat berjalan dengan lancar maupun itu secara offline dan online

16. REPOSITORY (http://repo.unida.gontor.ac.id)

Repository adalah sebuah system informasi berbasis web yang berfungsi sebagai pusat data skripsi mahasiswa, disertasi, maupun karya ilmiah dosen, yang merupakan karya lokal (local contents) sivitas akademika dari perguruan tinggi tersebut. Tujuan dari pembuatan sistem informasi ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen layanan repository Universitas Darussalam Gontor. Manfaat dari repository Universitas Darussalam Gontor adalah untuk mengumpulkan karya ilmiah dalam suatu tempat agar mudah ditemukan kembali di mesin pencari seperti googel dan lainnya, sebagai sarana promosi, menyebarluaskan karya sivitas akademika dengan tempat dan waktu yang tidak terbatas.

17. SIMPEG (https://simpeg.unida.gontor.ac.id/)

Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) adalah sistem yang mampu memberikan informasi data-data pegawai pada Universitas Darussalam Gontor yang saling berinteraksi mencapai tujuan yang telah ditargetkan. SIMPEG menangani pengelolaan data kepegawaian khususnya meliputi: pendataan pegawai, BKD, proses perencanaan dan formasi kepegawaian, penggajian, penilaian angka kredit, mutasi pegawai, dan sistem pelaporan. Tujuan dari pembuatan sistem informasi ini adalah untuk mempercepat proses pencatatan dan pengolahan data dan mampu menyajikan informasi kepegawaian kapan saja, sehingga informasi yang diminta dapat tepat waktu, tepat sasaran, dan akurat.

18. SKPI Surat Keterangan Pendamping Ijazah atau disingkat SKPI (https://skpi.unida.gontor.ac.id/)

adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh institusi perguruan tinggi. Surat yang juga disebut Diploma Supplement ini berisi pencapaian akademik dan capaian pembelajaran serta kualifikasi lulusan pendidikan tinggi. Sederhananya, SKPI adalah rekam jejak mahasiswa ketika menjalani perkuliahan dan menjadi dokumen pendukung semua prestasi dan sertifikasi yang dicantumkan di curriculum vitae (CV).

19. SIMPATIKA (https://simpatika.unida.gontor.ac.id/index.php)

SIMPATIKA adalah aplikasi sistem penjadwalan perkuliahan yang terintegrasi dengan seluruh sistem informasi yang ada di di Universitas Darussalam Gontor dan FEEDER DIKTI.

20. Feeder (http://feeder.unida.gontor.ac.id:8082/login)

PDDikti Feeder dikelola mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi yang kemudian dapat ditampilkan juga pada aplikasi Forlap pada laman http://forlap.dikti.go.id/. PDDikti Feeder merupakan aplikasi atau sistem yang disediakan oleh Dikti untuk Perguruan Tinggi negeri maupun swasta guna melakukan pengelolaan data perguruan tinggi.

Dalam penggunaanya, pelaporan data dilakukan setiap semester dan yang harus di laporkan antara lain data mahasiswa, data dosen, data kelas kuliah, data KRS mahasiswa, data Ajar dosen, data AKM, dan Nilai dll.

21. Admisi (http://sso.unida.gontor.ac.id/site/login)